Apakah KTM-mu Sudah Teraktivasi?  

Mahasiswa tidak terlepas dari yang namanya Kartu Tanda Mahasiswa atau biasa disebut KTM. KTM adalah tanda pengenal atau identitas dari mahasiswa/i tersebut. Mahasiswa/i Telkom University pun memiliki KTM yang berisikan nama, NIM, dan jurusan. Selain sebagai tanda pengenal mahasiswa, KTM pun berfungsi untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti absensi dan kartu parkir kendaraan. Tahukah kamu kalau KTM akan mulai aktif di pergunakan pada kurikulum 2016/2017? Menurut sumber yang didapat dari Bagian Administrasi Akademik (BAA), KTM memiliki dua fungsi yaitu untuk absensi dan kartu parkir kendaraan.

Nah untuk absensi, KTM berbasis RFID ini sudah teraktivasi dan dimiliki oleh mahasiswa/i angkatan 2014, 2015 dan 2016 secara otomatis sedangkan untuk angkatan 2013 harus melakukan aktivasi terlebih dahulu di Bagian Administrasi Akademik (BAA) yang terletak di Gedung Tokong Nanas Lantai 2 ruang KU3.02.01. Jika KTM tersebut mengalami gangguan, segera laporkan ke BAA untuk diperbaiki. Untuk mahasiswa/i yang tidak membawa KTM saat perkuliahan tetapi hadir secara fisik maka mahasiswa/i akan tetap dianggap tidak hadir. Prosedur penggunaan absensi saat perkuliahan yaitu mahasiswa/i melakukan tapping setelah dosen, karena jika mahasiswa/i yang melakukan tapping terlebih dahulu maka akan ditolak oleh sistem secara otomatis atau dianggap tidak hadir.

Selain untuk absensi, KTM juga akan mulai aktif dipergunakan untuk kartu tanda parkir kendaraan mobil maupun motor. Sejak bulan februari 2016, kendaraan roda empat atau mobil sudah aktif menggunakan KTM. Sedangkan untuk kendaraan roda dua atau motor akan dioperasikan mulai semester ganjil 2016/2017. Untuk mengaktifkan KTM agar terdeteksi sebagai kartu tanda parkir sudah bisa diaktifkan di Pos Satpam Gerbang ATM, Gerbang Learning Center (LC), Gerbang Bandung Technoplex (BTP) dan Gerbang PMB (Parkiran Teknik MSU). Selain itu juga bisa mengaktifkannya langsung di Gedung Bandung Technoplex (BTP).

Sedikit tips untuk menjaga atau merawat KTM yaitu KTM tidak di simpan di dalam dompet maupun saku karena dapat merusak sensor yang ada di dalam KTM tersebut. Gunakanlah tempat untuk penyimpanan kartu. (RM & AM)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s