INDONESIA BANGGA: Lalu Muhammad Zohri bawa Indonesia ke Olimpiade 2020

Infografis

MUHAMMAD ZOHRI, SPRINTER DARI INDONESIA

[24 Mei 2019]

Apakah teman-teman tahu olahraga lari sprint? Atau bahkan teman-teman adalah seorang sprinter yang handal? Sprinter memang bukanlah olahraga yang asing bagi masyarakat di Indonesia. Olahraga lari sprint atau lari cepat merupakan salah satu cabang olahraga lari, sedangkan sprinter adalah atlet cabang olahraga atletik lari jarak pendek yaitu 100 meter, 200 meter, 400 meter.

Minggu (19/05/2019) Indonesia memastikan satu wakilnya tampil di ajang multievent olahraga terbesar se-dunia, Olimpiade 2020 di Tokyo. Lalu Muhammad Zohri yang merupakan sprinter muda potensial berhasil menyabet tempat ketiga nomor 100 meter dengan catatan waktu menembus limit Olimpiade yakni 10,05 detik, pada Kejuaraan Seiko Golden Grand Prix Jepang di Yanmar Stadium, Osaka.

Pada babak final, Zohri memulai lomba di line ke-9. Ia berhadapan langsung dengan sprinter-sprinter hebat yang berasal dari Amerika Serikat maupun tuan rumah Jepang, diantaranya adalah juara dunia asal Amerika Serikat, Justin Gatlin.

Di babak final, Zohri berhasil menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 10,03 detik. Pemuda asal Nusa Tenggara Barat itu hanya kalah cepat dari Justin di posisi pertama dengan waktu 10,00 detik dan sprinter tuan rumah, Yoshinide Kiryu.

Performa Zohri di Jepang membuatnya kembali mendapatkan rekor nasional maupun Asia Tenggara di nomor 100 meter. Sprinter berusia 18 tahun itu berhasil melewati catatannya sendiri di kejuaraan yang dilangsungkan di Qatar bulan lalu.

Beberapa prestasi Zohri adalah :

  1. 10,27 detik (Atletik Junior Tingkat Asia pada tanggal 8 Juni 2018)
  2. 10,25 detik (Kejuaraan Nasional pada tahun 2017)
  3. 10,18 detik (Juara Dunia U-20 pada tanggal 11 Juli 2018)
  4. 10,03 detik (Seiko Golden Grand Prix Jepang pada tanggal 19 Mei 2019)

Catatan waktunya memang terus meningkat pesat dari hasil yang diraih sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa Zohri terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jika konsisten, ia berpotensi memberikan medali bagi Indonesia di Olimpiade yang digelar tahun depan.

Sumber :

https://www.idntimes.com/sport/arena/amp/ilyas-listianto-mujib-1/lalu-zohri-lolos-olimpiade?__twitter_impression=true

https://pengertianmenurutparaahli.org/pengertian-sprinter/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s