BAGAIMANA CARA MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA

osb2osb1

[25 Juni 2019]

Teman-teman apakah kalian merasakan bahwa akhir-akhir ini budaya Indonesia semakin dilupakan seiring berjalannya waktu, dan budaya Indonesia semakin tergerus dengan hal-hal yang berbau modernisasi? Anak-anak muda sudah jarang yang mempelajari tentang budaya Indonesia, seperti menyanyi lagu adat, menari/mempelajari tarian daerah, dll.
Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menjaga budaya kita tetap lestari?

1. Kenali Budaya
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya yang telah ada. Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mengenali budaya yang ada. Dalam hal ini, ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk mengenali budaya anda.
1. Mencari tahu tentang budaya anda
2. Mengikuti kegiatan budaya
3. Bergabung dalam komunitas

2. Ajarkan Budaya Kepada Orang Lain
Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memberikan pengajaran kepada orang lain agar akan ada makin banyak orang yang mengenal budaya tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan yaitu mengajar di sekitar lingkungan anda atau mengajar di sekolah.
Contoh :
1. Mengajar di sekitar lingkungan anda
2. Mengajar di sekolah

3. Memperkenalkan Budaya ke Luar Negeri
Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk terus melestarikan budaya yang ada ialah dengan memperkenalkan budaya anda ke luar negeri. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini cukup sulit. Namun, sebenarnya, hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan apalagi dengan berbagai teknologi canggih saat ini.
Contoh :
1. Memposting kesenian lokal di media sosial anda
2. Mengenakan produk budaya lokal anda di luar negeri
3. Mengekspor barang hasil kesenian budaya lokal

4. Tidak Terpengaruh Budaya Asing
Untuk terus melestarikan budaya lokal yang anda miliki, hal yang harus anda lakukan adalah anda jangan sampai mudah terperngaruh dengan budaya asing. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada era globalisasi ini, budaya asing sangatlah mudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena peran Indonesia dalam ASEAN.
Agar budaya-budaya lokal Indonesia ini tidak punah, anda harus mempunyai prinsip agar anda tidak mudah terpengaruh budaya asing tersebut, dan caranya ada di penjelasan berikut ini.
1. Jadikan budaya anda adalah identitas anda
2. Memilah kebudayaan asing

Dari penjelasan yang telah dibahas diatas, ada empat cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga sekaligus melestarikan budaya lokal Indonesia. Dengan cara-cara tersebut, budaya lokal yang anda miliki tidak akan mudah dilupakan dan akan tetus terjaga. Jadi, diharapkan segala kesadaran kita sebagai generasi penerus untuk tetap bisa menjaga dan melestarikan budaya.

 

Sumber :
https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-anda-untuk-menjaga-agar-budaya-indonesia-tetap-lestari/1202/2

Cara Melestarikan Budaya di Indonesia

 

#OSBLISS
#KOMINFOCUS
#MOTION2019
#BEMFKBTELU

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s