FIGURE OF MOTION JUNI

litbang wordpress fom

Untuk meraih kesuksesan tidak ada proses yang instan. Seseorang  harus melalui proses yang panjang serta memiliki tekad yang kuat. Proses dalam meraih kesuksesan akan memberikan banyak pengalaman berharga untuk mendewasakan diri agar siap menghadapi segala permasalahan yang dapat timbul dalam perjalanan menuju sebuah kesuksesan.

Figure of Motion pada bulan Juni yaitu Bapak Tegar Ditya Pragama, S.T., M.BA atau biasa disapa dengan Pak Tegar. Beliau lahir di Jakarta, Namun sejak SMP beliau sudah tinggal dan menetap di Bandung. Sejak kecil beliau sudah bercita-cita menjadi pembisnis yang sukses. Tentu saja beliau sadar bahwa hal tersebut tidak akan mudah ia capai tanpa usaha dan tekad yang kuat. Pak Tegar sudah mulai belajar berbisnis sejak ia masih  bersekolah. Pak Tegar merupakan mahasiswa S1 Teknik Industri di Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Bandung (STMB Telkom) pada tahun 2005 dan melanjutkan studi S2 di jurusan Business Administration, Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani kuliah tersebut, tentu saja beliau tidak menyia-nyiakan waktunya yang berharga. Beliau berusaha untuk membangun bisnis selagi mengumpulkan modal untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara menjadi reseller berbagai produk. Walaupun profit yang didapatkan tidak begitu besar, namun pengalaman tersebut membuat Pak Tegar menjadi terbiasa dan menyukai dunia bisnis. Memulai bebisnis sejak kuliah, membuat Pak Tegar mudah untuk melanjutkan dan mengembangkan bisnisnya setelah lulus kuliah.

Ketika berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan terakhirnya, tidak pernah terbersit dipikirannya untuk melamar pekerjaan ataupun sekedar datang ke jobfair untuk mendapatkan referensi dan informasi mengenai lowongan kerja. Beliau lebih tertarik dan memiliki tekad yang besar dalam bidang keilmuan. Beliau sangat ingin menjadi dosen karena menurutnya menjadi dosen selain turut serta menjaga dan mengembangkan ilmu pengetahuan, beliau juga dapat bersosialisasi dengan banyak orang dari berbagai kalangan seperti mahasiswa. Dengan pengalamannya sebagai pelaku bisnis, beliau akan bisa membagikan pegalaman bisnisnya kepada mahasiswa-mahasiswinya yang merupakan calon pembisnis.  Beliau merupakan dosen jurusan Administrasi Bisnis dengan mata kuliah yaitu Filsafat Bisnis. Bagi dirinya, relasi yang baik akan membantu proses berkembangnya bisnis yang dikerjakan. Ketika bisnis sedang dalam kondisi tidak bagus maka jejaring bisa diandalkan. Dalam kesibukannya sebagai seorang dosen, beliau tetap menjalankan bisnis-bisnis sederhana. Sehingga pada tahun 2011, ia berhasil membuka bisnis kuliner yaitu Kadatuan Coffee. Kelincahannya dalam membangun relasi dan keteguhannya sebagai pelaku bisnis, membuat bisnis yang ia kelola semakin berkembang. Selain menjajaki bisnis kuliner, sebagai seseorang yang peduli dengan pendidikan, beliau juga telah membuka bisnis dalam bentuk bimbingan belajar yaitu PrivatBandung pada tahun 2012 yang masih berjalan sampai saat ini. Bisnis yang beliau jalankan ini membawa harapan besar untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Dedikasi beliau sebagai dosen dimaksudkan untuk menciptakan entrepeneur yang berasal dari mahasiswa. Dengan begitu, beliau dapat memperluas jaringan usaha yang berasal kalangan akademisi. Diharapkan mahasiswa memiliki pandangan yang terbuka, sehingga dapat bergerak untuk menjadi entrepreneur yang memiliki prospek bisnis yang lebih maju disertai dengan keahlian dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam suatu bisnis. Dengan banyaknya pelaku bisnis saat ini, diharapkan dapat membuka lapangan kerja untuk banyak orang.

Menjalani berbagai bisnis dengan jam terbang yang sudah cukup banyak, membuat Pak Tegar banyak memiliki pengalaman. Dengan dapat menyesuaikan diri pada suatu lingkungan, menjadi salah satu faktor utama dalam upaya melatih diri untuk menyelesaikan masalah yang timbul baik dari diri sendiri maupun faktor lingkungan yang pada akhirnya dapat mencari solusi terbaik yang bukan sekedar mencari keuntungan bisnis semata. Berbagai kendala sangat mungkin dialami oleh para pebisnis, terutama mereka yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Hal ini dialami juga oleh Pak Tegar, yang sukses menjalankan bisnisnya hingga dapat bertahan dan berkembang dengan pesat seperti sekarang ini. Dalam membangun suatu bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Sebagai seorang pelaku bisnis, beliau memiliki kepribadiannya yang tak pantang menyerah yang mengantarkannya hingga menjadi sukses seperti sekarang.

Beliau percaya bahwa setiap langkah sukses diawali dengan kegagalan, itu bukan alasan untuk berhenti dan menyerah. Baginya, keuntungan bukan yang utama dalam mengembangkan suatu bisnis. Tetapi, yang terpenting adalah memiliki kemauan, komitmen, berani mencoba, mencari tau hal baru dan menangkap peluang yang dapat membantu seseorang menjadi seorang pebisnis yang sukses. Menurut Pak Tegar, siapa saja bisa menjadi pelaku bisnis asalkan memiliki keteguhan dan konsistensi dalam menjalaninya.

Bagaimana FKB? Tentu saja kisah perjalanan Pak Tegar patut dicontoh dan diterapkan dalam menjalankan usaha. Keberhasilan itu semua tak lepas dari kerja keras, optimisme yang tinggi, dan kecintaannya terhadap pekerjaaan. Semoga kisah dari Pak Tegar dapat bermanfaat dan bisa menambah semangat agar kita dapat terus bergerak dalam menggapai suatu impian. (RNA)

 

 

#LITBANGOALS

#KOMINFOCUS

#MOTION2019

#BEMFKBTELU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s